Travelling Day 2 in Yogyakarta

Hallo gaes,
Lama tidak berjumpa. Beberapa bulan ini sedang sibuk mengurus organisasi dan kuliah jadi tidak sempat terus untuk menulis. Thank to the owner of allaroundtheworlds yang sudah memotivasi saya untuk menulis kembali hari ini.

Melanjutkan kembali cerita perjalanan saya ke jogja waktu itu. Terakhir adalah sampai saya duduk-duduk solat di masjid “terselubung” di dekat alun-alun utara keraton jogja. Nah, sekarang kita move on ke hari kedua, goes to prambanan! 😀 yippie..

Penginapan murah di Jogja

Oh ya saya akan flashback sedikit tentang penginapandi jogja daerah malioboro. Ada banyak sekali penginapan murah di jogja(mungkin juga dikarenakan tarif jogja yang selalu murah dalam berbagai bidang) tapi untuk daerah sekitar daerah wisata atau perbelanjaan, tentu tidak mudah mencari penginapan yang murah dan nyaman. Kisaran harga penginapan seperti wisma atau hotel yang “keliatan” di daerah malioboro itu sekitar 200ribu ke atas. Trus, gimana kalo budget penginapan kamu ga lebih dari 200 ribu untuk beberapa hari?

Nah, kamu hanya perlu sedikit kerja keras, dalam artian jalan kaki sedikit ke dalam dari sekian banyak lorong-lorong di jalanan malioboro. Kebetulan waktu itu, saya dan teman-teman mendapat penginapan cukup murah (hasil nyari di internet juga sebenarnya ..haha XD) hanya 100ribu permalam. Bisa muat untuk 2 orang(tapi ranjangnya cuma satu loh ya XD) tapi jika mau nambah orang bisa cuma nambah 1 orang dengan kasur tambahan. Kebetulan nih, saya lupa itu bayar atau nggak ya kalo nambah kasur. Biasanya untuk nambah kasur di penginapan jogja biasanya butuh kocek sekitar 30 hingga 50 ribu kalo tidak digratiskan. Dan ternyata eh ternyata, teman saya yang juga kebetulan datang ke jogja tidak lama setelah kedatangan saya, mendapatkan penginapan yang ternyata lebih nyaman dengan harga yang sama.

Saat itu, saya lupa nama penginapannya apa, lokasinya cukup dekat dari malioboro. Cara menuju kesana :

  1. cari mal malioboro dulu. Nah di samping kanannya akan ada lorong kecil.
  2. Masuk lorong tersebut, lurusssss terus, sampai hampir ke ujung.
  3. Pas udah mau ke ujung lorong, ada lorong kecil samping kanannya.
  4. Masuk lorong tersebut, ada banyak penginapan murah tpi agak “ketutup” jadi silakan diteliti-teliti lagi.
  5. Tips : makin ke dalam, biasanya penginapannya makin murah

Waktu itu, dengan 100 ribu, saya dapat penginapan yang fasilitasnya : kamar mandi dalam dan kipas. Sedangkan teman saya dengan harga yang sama mendapat fasilitas : kamar mandi dalam dan AC. Hahaha jadi pintar-pintar mencari penginapannya aja guys! ^^

Oke get back to the topic

Goes to Prambanan!

Jika penginapan atau darimanapun kalian berada di jogja, tidak sulit mencari cara menuju ke prambanan. Cukup segera cari transjogja di manapun kamu berada. Tarifnya tidak mahal, cukup bayar 3.600 rupiah (harga di bulan februari 2015) kalian sudah bisa keliling jogja seenaknya dan sepuasnya.

Nanti kalau sudah ketemu transjogja silakan (bayar dan) naik. Sebagai perhatian sebagai pengalaman saya, transjogja ini sistemnya kejar waktu kedatangan di tiap-tiap halte, jadi jalannya akan ngebut sekali. So buat kamu yang bawa barang banyak, coba banyak latihan gerak cepat untuk masuk bis transjogja (haha lebay yak :P) Selain dia stop di masing-masing halte cepet banget(beda sama kalo kek saya naik transmusi di Palembang), di jalanan juga dia ngebut beuds! X( Berasa kek di bis kota nih..heheh

Trus, jangan lupa nanya jalur yang mana, bis yang mana yang dipakai untuk menuju prambanan, kalau bingung, jangan malu nanya yaah, tar nyasar ^^ Soalnya ada banyak jalur dan jenis bis yang berbeda yang mungkin akan sangat asing bagi kamu yang belum pernah bepergian ke Jogja.

Dari malioboro ke prambanan, menempuh waktu kira-kira 30 hingga 45 menitan. So, enjoy your time in transjogja 😛

Sampai di halte prambanan, silakan jalan agak jauh dari halte ke prambanannya. Akan ada banyak orang yang menawarkan angkutan, mulai dari ojek hingga delman menuju prambanan. Dan mereka semua akan bilang “Lokasinya jauh neng, yuk tak anter pake (jenis angkutannya) aja. murah, cuma XXX rupiah aja” Kalau kalian masih fit, silakan segera lewati mereka dan ambil lurus terus lewat jalan raya menuju prambanan. Lokasinya tidka jauh ternyata! XD tapi jalur masuknya yang cukup jauh 😛

Kami juga menyempatkan berfoto di bunga-bunga dekat pagar lokasi prambanan. Tapi saya lupa narohnya dimana di laptop XD

Paket perjalanan prambanan ada dua : Prambanan only (35.000) atau Prambanan+Ratu Boko(45.000) (Harga februari 2015)

Kalo kamu kepepet nggak ada duit dan buru-buru, silakan ambil yang prambanan aja. Tapi kalo kamu ada waktu banyak dan lagi banyak duit, saya sarankan ambil yang paket 45.000. Kenapa ? Karena lokasi prambanan dan ratu boko yang cukup jauh, jadi akan disediakan bis ke Ratu Boko. Well, kalian bakal diberi perjalanan yang menyenangkan menuju ke atas bukit, jadi pemandangannya jadi worthed banget deh!

Lokasi dan pemandangan candi ratu boko juga tidak kalah mengasyikkan loh!

Nah, di atas adalah dua gambar yang menggambarkan keindahan perjalanan naik bukit menuju candi ratu boko.

Nah, setelah itu, kalian akan sampai di candi ratu boko.

DSC_0111.JPG
candi ratu boko (masih ada beberapa site lagi loh)

Naik lagi dari tangga tersebut, kalian akan menemui padang rumput luas. Katanya kerajaannya sudah runtuh, jadi yang tersisa hanya puing-puingnya saja.

Jangan lupa ambil waktu untuk melihat sekitar daerah candi, karena kalian ada di atas bukit, jadi pemandangannya akan bagus banget 😀

Setelah puas duduk-duduk dan foto-foto di atas, kami kembali ke prambanan dengan naik bis yang disediakan.

Berikut foto-foto di prambanan

DSC_0120.JPG
Ini temen saya, Maghfira Kania, karena capek jadi istirahat di bawah pohon

FYI, di prambanan itu PUANAS BUANGET. Jadi buat cewek-cewek boleh bawa payung atau topi atau pake sunblock jg boleh..hahah Disini kita juga bisa sewa payung, harganya 10 ribu kalau tidak salah.

20150214_143122.jpg
Sempatin foto disini ya manteman
20150214_145757.jpg
Hahah saya ga tau gimana mau muter gambarnya. Yang penting suka banget sama foto ini 😀
20150214_150200.jpg
Ini juga ga tau gimana muternya, tapi suka sama gambarnya

Nah, setelah puas foto-foto , kami memutuskan untuk pulang  karena perut lapar dan hari juga semakin sore. Untuk kembali ke malioboro, silakan ambil track yang sama seperti berangkat.

Sekian dulu ya guys buat hari ini. Nanti ditungguin ya hari-hari lain selanjutnya selama di jogja.

Thanks for reading
Stay Happy and Live your Life!

Sebelum saya lupa, rencananya saya juga akan coba travelling ke LN bareng temen tahun 2016 ini. Mohon doanya yak pembaca semuanya ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s