Pertanyaan pre-test

Hi readers,

Sebelum masuk ke mata kuliah Komputer I semester 3 STKIP Surya, saya diberikan pertanyaan pre-test yang cukup menarik untuk dibahas. Berikut pertanyaannya :

Berikanlah satu contoh penggunaan komputer yang anda ketahui di bidang Fisika ataupun Pendidikan Fisika. Uraikan secara singkat bagaimana dengan menggunakan alat berbasis komputer pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa lebih mudah diselesaikan. Masih dengan menggunakan contoh yang sudah anda sebutkan, bandingkan pengeluaran yang harus dibelanjakan (anda bisa menyebutkan alat-alatnya yang perlu) dengan manfaat yang bisa diperoleh. Menurut anda. dari contoh yang anda sebutkan tersebut, aplikasi komputer di bidang Fiska/Pendidikan Fiska adalah tidak berguna, berguna atau sangat berguna ?

Nah, berikut juga saya lampirkan jawaban saya. Mungkin ini akan berguna untuk teman-teman yang juga memiliki pertanyaan yang sama dengan pertanyaan dari dosen saya tersebut.

Contoh penggunaan komputer yang sangat bermanfaat di bidang Pendidikan Fisika ialah ketika seorang guru akan menjelaskan suatu materi yang membutuhkan penalaran secara konkrit kepada siswanya. Guru hanya perlu memberikan gambaran visual ke dalam aplikasi fisika di komputer yang dapat memvisualisasikan suatu teori fisika yang ingin dipelajari di dalam kelas. Dalam hal ini, guru hanya membutuhkan laptop/komputer dan screen projector.

Penggunaan metode pengajaran teori fisika dalam bentuk visualisasi akan lebih mudah dimengerti oleh siswa. Tanpa menggunakan komputer, penjelasan akan dilakukan secara manual oleh guru mapel Fisika tersebut. Tentunya metode manual akan membutuhkan peralatan yang touchable seperti spidol/marker, papan tulis dan penggaris papan tulis. Beberapa kesulitan yang sering dialami oleh siswa bila mendapatkan penerangan secara manual ialah pemaparan dalam bentuk 2D dan tidak dapat bergerak(attractive) memaksa siswa harus berusaha nalar dengan keras. Lalu, kendala-kendala lain yang terkadang dihadapi adalah seperti papan tulis yang tidak cukup untuk menampung semua teori yang akan dijelaskan sehingga harus melakukan penghapusan yang tidak bisa dikembalikan lagi bila telah dihapus (undo), spidol yang telah berisi kadang terbatas hanya beberapa buah saja sehingga jika tinta spidol guru akan menghentikan penjelasan dan mencari spidol pengganti atau melanjutkan penerangan materi secara manual, dan terakhir penjelasan serta visualiasi yang diberikan oleh guru terkadang tidak proporsional dalam hal gambar dan detail angka yang diberikan. Jika guru menjelaskan menggunakan komputer/laptop dan projector, mungkin guru akan terkendala dengan jumlah projector yang dimiliki sekolah mengingat harga projector yang masih cukup mahal. Namun keuntungan penjelasan materi fisika menggunakan aplikasi visualisasi fisika adalah memudahkan siswa untuk nalar dalam belajar fisika, khususnya fisika teori dan fisika analitik, selain dapat menjelaskan beberapa materi dalam sekali tampilan di projector. Selanjutnya agar siswa tidak terpaku pada layar dan menjadi pasif, barulah guru dapat menggunakan fungsi papan tulis di kelas. Dari segi membeli projector, projector sekolah dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan sebanding dengan menggunakan penerangan menggunakan spidol di papan tulis. Dan nilai plusnya siswa dapat memahami materi fisika secara real/konkrit dan tingkat ketelitian yang bagus, baik dari segi gambar maupun angka yang diberikan.

Dari segi ini, aplikasi komputer serta pemahaman penggunaannya sangat penting dan berguna dalam menerangkan materi fisika bagi siswa khususnya.

 

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s