Krida Satya in Action

Hi readers,

kali ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya kemarin, 13 September 2013 yakni menampilkan tari traditional yapong.

Sekilas tentang Tari Yapong

Tari Yapong adalah tari pertunjukkan yang diciptakan oleh Bagong Kusuudiarjo. Bila mendengar namanya, orang-orang kadang mengirakannya seperti tari Jaipong. Meski sama-sama berasal dari daerah Jawa Barat, namun keduanya memiliki ciri dan fungsi yang berbeda. Awal mulanya tarian ini diciptakan untuk mengisi acara peringatan HUT Jakarta ke-450. Pada perayaan tersebut, tari yapong ditarikan secara massal dengan jumlah 300 orang dan bercerita tentang perjuangan Pangeran Jayakarta.

Tari Yapong merupakan tarian dinamis yang bergerak cukup erotis dengan tema gembira menyambut kemenangan pangeran Jayakarta. Nama Yapong tidak memiliki arti yang sebenarnya. Namun nama ini lebih mengarah karena lagu yang memilikinya berbunyi ya,ya,ya dan suara musik yang lebih terdengar seperti pong, pong, pong. Sehingga terlahirlah nama yapong.

Kembali ke cerita awal

Penampilan tari Yapong di kampusku kali ini bertujuan untuk mempromosikan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) tari Krida Satya STKIP Surya. Untuk dapat tampil pada promosi UKM ini, saya harus berjuang keras dan berlatih dalam tes yang diadakan untuk menyeleksi anggota Krida Satya yang dapat tampil. Ada banyak part-part yang saya sulit menghafalnya dan akhirnya dapat saya kuasai dengan latihan siang-malam di kamar meski tengah sibuk dengan tugas dan tes-tes yang ada di kampus. Dan hal yang lebih sulit lagi, karena selama ini, saya tidak pernah menarikan tarian tradisional yang terbilang lentik dan meliuk. Alhasil, saya cukup kewalahan karenanya. Beruntung dengan kerja keras saya, saya bisa masuk dalam tim penari Yapong dan menempati rating tertinggi dalam tes tersebut.

Saat akan pentas pada hari Jumat tadi, 13 September 2013 saya dikabarkan bahwa penampilan akan diadakan pada jam 10.50. Sehingga tim kami harus datang pukul 05.30 untuk mulai berdandan dan memakai kostum. Kostum yang dipakai sangatlah rumit menurut saya. Selain menggunakan hiasan kepala yang cukup besar, pakaiannya sangat ketat. Dengan bantuan korset dan long-torso, saya dan teman-teman dapat mengenakan kostumnya dengan baik. Pukul 10.00 kami berlima yang berhasil lolos seleksi telah siap dengan kostum dan perlengkapannya. Namun, tiba-tiba dikabarkan terjadi pemunduran acara secara mendadak oleh pihak acara ospek di kampusku. Kabarnya bahwa promosi UKM akan dibatalkan saat itu juga dan akan diganti dengan hari lain. Aula yang dipakai untuk tampil tidak dapat digunakan dan semua peserta ospek ditempatkan pada 2 ruangan kelas. Mau tidak mau, kami harus tetap tampil karena telah berdandan rapi dan kostum yang disewa dari sanggar. Setelah memaksa pihak acara untuk terus melanjutkan acara, kami tampil dari kelas ke kelas yang lainnya dengan resiko ruang gerak tari yang seharusnya luas harus dipersempit menyesuaikan kondisi ruangan. Alhasil pukul 11.20 kami menyelesaikan tugas promosi UKM Krida Satya dari kelas ke kelas dengan baik.

Kesan saya

Saya merasa sangat senang meski terasa sangat kecewa ketika tahu rencanapenampilan akan dibatalkan. Maklum, karena ini debut awal saya menarikan tarian tradisional di depan umum. Kata pembina saya, saya tidak boleh merasa cukup dengan ini saja. masih ada banyak tarian tradisional Indonesia yang dapat saya pelajari dan lestarikan. Karena itu, saya merasa makin bersemangat untuk latihan di UKM Krida Satya STKIP Surya. Semoga dengan ikut memelajari kebudayaan tari tradisional bangsa Indonesia, saya ikut membantu melestarikan budaya Indonesia.

Demikian readers, cerita saya hari ini. Terima kasih telah membaca dan tunggu artikel selanjutnya ya 🙂

Oh ya buat yang mau tahu penampilanku, nanti akan saya sempatkan untuk meng-upload penampilan saya dan teman-teman saya kemarin. Berikut beberapa foto saya beberapa saat setelah tugas promosi UKM saya selesai.

Image

Bersama teman satu kamar saya

Image

Tim Penari Yapong UKM Krida Satya STKIP Surya

Sumber :

http://www.jakarta.go.id/web/encyclopedia/detail/3603/Yapong

– arsip sendiri

Leave a Reply

