Tips singkat pada pembuatan proposal

Halo sobat, kali ini saya akan berbagi tentang beberapa aturan dasar dalam pembuatan proposal sederhana. Catatan ini saya buat berdasarkan beberapa pengalaman yang telah saya lakukan. Proposal-proposal yang pernah saya buat umumnya digunakan untuk bermacam kegiatan di SMA saya dulu ataupun di kampus saat ini. Beberapa contoh kegiatan yang proposalnya pernah saya buat yakni proposal kegiatan latihan kepemimpinan, proposal kegiatan menanam pohon, proposal hari kemerdekaan dan lain sebagainya.

Sebelum memulai membahas rincian kegiatannya, mari kita bahas terlebih dahulu tentang proposal itu sendiri. Hal pertama, apa itu proposal? Secara garis besar, proposal adalah rancangan kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang formal[1]. Lalu, untuk apa dibuat proposal? Pada suatu kegiatan, proposal memiliki peran penting untuk meminta perizinan suatu kegiatan pada institusi terkait serta untuk pengajuan dana dan sponsorship. Oleh karena itu, proposal merupakan bagian yang paling pokok dalam suatu kegiatan.

Bagaimana caranya proposal dapat menarik perhatian institusi atau sponsor? Caranya sangat mudah!

Hal pertama yang harus disiapkan adalah ide, tema, dan judul kegiatan yang newly fresh, kreatif, dan unik. Nah, maksud unik disini ialah kegiatan yang akan diberikan memiliki ciri khas dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan lain yang telah ada. Memang tidak mudah, namun kerjasama dan ide team tentu akan menciptakan kerja yang luar biasa. 😉

Selanjutnya setelah ide, tema, dan judul kegiatan yang menarik, umumnya pihak institusi juga akan melihat dari latar belakang kegiatan. Bagian ini akan tercantum pada bagian pendahuluan proposal. Latar belakang yang menarik, tentu akan membuat pembaca proposal merasa ingin terus membaca dan melihat proposal tersebut hingga akhir.

Selanjutnya pembaca proposal umumnya akan menilik dari kerapian dan keteraturan dalam penulisan proposal tersebut. Berikut aturan umum dalam penulisannya :

1. Ukuran dan jenis huruf pada proposal

Huruf yang digunakan umumnya sama, yaitu Times New Roman , tipe huruf formal, dengan ukuran huruf untuk judul bagian adalah 16 dan untuk tulisan berparagraf sebesar 12pt. Namun terkadang, ada sedikit pemakluman juga untuk penggunaan font Arial ataupun Calibri bahasa yang digunakan Usahakan sebaik mungkin untuk menggunakan bahasa yang cukup formal, apalagi untuk cakupan proposal-proposal bagi institusi besar. Perhatikan titik, koma, dan tanda baca yang lainnya. Jangan lupa perhatikan alur dan apa maksud proposal kegiatan yang diajukan. Jangan sampai pembaca proposal atau institusi memiliki persepsi yang berbeda dengan yang ingin dimaksudkan.

2. margin

Lazimnya aturan margin yang digunakan ialah format 4 cm margin kiri, 3cm untuk margin atas, kanan, dan bawah

3. indentasi paragraf

umumnya, indentasi paragraf akan berjarak sejauh 15pt

4.kepala proposal

Beberapa jenis proposal memberikan kepala surat pada halamannya, maka yang perlu diperhatikan adalah peletakkan posisi logo. Logo institusi diurutkan dari yang paling tinggi dimulai dari sebelah kiri. Pada bagian ini juga , jangan lupa untuk meletakkan nomor atau kontak yang dapat dihubungi agar pembaca proposal atau sponsor dapatmenghubungi dengan mudah jika berminat dengan kegiatan yang akan diselenggarakan.

5.rincian dana

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting setelah semua latar belakang dan jenis kegiatan menarik perhatian institusi atau sponsor. Pastikan bahwa dana yang akan kalian gunakan sesuai pada kolom pendapatan dan pengeluaran. Hal ini berfhngsi untuk meyakinkan institusi atau sponsor terhadap kegiatan yang akan dilakukan. Bila ingin memberikan sponsorship, jangan lupa berikan daftar apa saja yang akan pihak sponsor dapatkan jika memberikan dana untuk kegiatan kalian.   Demikian tips singkat tentang pembuatan proposal yang dapat saya berikan. Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.

Salam, Kenny Septia

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. ilhamFR says:

    Thanks buat informasinya , sangat bermanfaat buat saya 🙂

    1. kennyseptia says:

      Sama-sama. 🙂
      salam kenal

  2. khairul says:

    sangat membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s