Mastering google hanya dalam waktu satu menit  

Halo sobat,

Kali ini saya akan berbagi beberapa tips pencarian pada search engine “Google”. Hal terpenting pada pencarian di search engine ialah kemampuan untuk memasukkan kata dengan tepat. Semakin detail kata kunci yang dimasukkan, maka akan semakin mudah bagi search engine untuk mencari situs yang dimaksudkan. Namun perlu diperhatikan juga bahwa Google membatasI kata kunci yang dimasukkan hanya sebanyak 32 kata saja.

Untuk memudahkan pencarian berikut beberapa tips yang dapat saya berikan. 😉 1. Penggunaan kata Untuk mempermudah pencarian, perkirakan apa topik-topik yang menurutmu tepat dan berkaitam dengan yang ingin dicari. Misal, jika ingin mencari tempat-tempat rekreasi di Kota Tangerang. Kamu cukup memasukkan “tempat kreasi Tangerang”, maka semua hal yang mengandung tag tempat, kreasi, dan Tangerang akan muncul di hasil pencarian.

2. Mencari dokumen Untuk mencari dokumen di Google,  kamu dapat menggunakan query filetype:”jenis file yg ingin dicari”. Contoh jika ingin mencari skripsi tentang pendidikan fisika dalam format pdf, cukup mengetik “skripsi pendidikan fisika filetype:pdf”

3. Partikel kata Pada penulisan query, kamu tidak perlu menuliskan kata particle seperti di, bagaimana, dan, mengapa, ke, dll. Mengapa tidak perlu? Karena kata-kata berhenti seperti ini akan memperlambat kerja search engine untuk mencari data yang diperlukan.

4. Karakter khusus Google juga memberikan beberapa karakter spesial dengan penggunaan yang berbeda-beda. Karakter kutip (“…”) tanda ini berfungsi untuk memaksa Google mencari kata-kata atau term yang diinginkan. Contoh bila kita ingin mencari semua hal yang berkaitan dengan STKIP Surya saja tanpa ada hasil STKIP-STKIP yang lain, maka kita akan memasukkan querry seperti ini: “STKIP Surya”. Maka, analisis hasil yang akan ditampilkan oleh Google adalah semua halamam yang memuat tentang STKIP Surya saja. Sedangkan hal-hal seperti STKIP Bandung dan STKIP Yogyakarta tidak akan ditampilkan. Kemudian, karakter plus ( + )  berfungsi untuk memaksa Google mencari suatu kata pencarian. Contoh jika ingin mencari mall serpong, maka kamu dapat menambahkan karakter plus sebelum kata yang ingin dipaksa dicari. Contoh, +di mall serpong, maka semua yang berada di mall serpong akan muncul di hasil pencarian. Karakter minus (-) berfungsi untuk membuang hal yang tidak ingin kita cari. Contoh, jika saya ingin, mencari tentang multimedia tanpa ada situs yang berkaitan dengan koran,  maka kita akan memasukkan kata pencarian berupa multimedia -koran, maka semua hal yang berkaitan dengan multimedia kecuali tentang koran akan ditampilkan. Karakter tilde (~) berfungsi untuk melakukan pencarian kata-kata yang mirip dengan kata yang mengikutinya. Contoh jika saya ingin mencari tentang berkata, maka hal-hal seperti bergumam, berteriak, akan ikut tampil di hasil pencarian. Karakter OR atau karakter ( | ) berfungsi untuk mencari alternatif kata pencarian. Contoh jika saya ingin mencari tentang koran atau majalah, maka saya akan menuliskan kata koran OR majalah atau koran | majalah. Maka hasil pencarian yang tampil adalah halaman yang memiliki kata koran atau majalah saja, namun tidak untuk kedua-duanya. Karakter hingga ( .. ) berfungsi untuk mencari kisaran. Contoh jika saya ingin mencari baju yang memiliki harga antara 50.000 hingga 100.000, maka saya akan memasukkan kata  baju 50.000 .. 100.000. Karakter bintang ( * ) berfungsi untuk mencari kata yang berprinsip memasukkan kata apa saja pada karakter ini. Contoh jika saya ingin mencari tentang ikan yang berada di sungai bengawan solo, maka saya akan memasukkan kata ikan*sungai Bengawan Solo. Maka kata yang mengikuti ikan dan sungai bengawan solo akan tampil pada hasil pencarian. Demikian postingan saya hari ini, semoga bermanfaat. Ditunggu ya postingan selanjutnya. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s