Cara membuat game Labirin di Scratch

Cara membuat game Labirin di Scratch

      Scratch adalah satu dari beberapa aplikasi pemrograman komputer yang digunakan untuk membuat satu tampilan animasi menggunakan persamaan algoritma. Salah satu game yang dapat dibuat  menggunakan aplikasi ini adalah game labirin. Game ini adalah game sederhana yang bertujuan memindahkan satu objek ke satu tempat di sisi lain gambar dengan jalur tertentu yang telah dibuat. Game ini dibuat dengan memanfaatkan penerkaan dan penalaran dalam objek untuk dipindahkan tanpa terjebak pada jalur yang salah. Pada game ini, pemrogram permainan ini juga dapat menentukan tata cara permainan seperti penambahan dan pengurangan poin, batas hidup pemain dan lain sebagainya. Contoh game labirin yang telah terkenal hingga saat ini adalah Pacman. Game ini telah dikenal di Jepang sejak tahun 1980. Pada game ini, pemain bertugas untuk mengarahkan sebuah objek kepala bernama pacman untuk menghabiskan semua makanan yang ada di ruang labirin pacman. Namun, pemain juga harus berhati-hati dalam mengarahkan pacman karena ada ancaman dari penyerang yang mampu memakan pacman. Setiap kali dimakan, game akan mengulang permainan dengan cara menempatkan ulang posisi pacman di posisi start.

  Dengan menggunakan program Scratch, seseorang tidak perlu menjadi seorang programmer untuk membuat game sederhana. Hanya saja kemampuan algoritma dan penalaran dibutuhkan untuk membuat alur permainan menjadi lebih teratur. Pada game labirin ini, kemampuan algoritma dan logika/penalaran cukup penting dalam menentukan alur permainan. Berikut tahapan-tahapan dalam membuat game Labirin ini :

    1.   Buka program aplikasi Scratch di komputer. Jika belum memilikinya, dapat didownload di link berikut http://scratch.mit.edu/scratch_1.4/ . Pengaturan bahasa dapat diatur pada menu bergambar bola dunia.

    2. Pada menu File, klik submenu Open.
    3.   Pada bagian kotak berwarna putih bertuliskan “Stage”  klik. Maka kursor edit akan pindah pada gambar latar. Klik pada Tab “Background” dan klik tombol “edit” lalu akan tampil window untuk mengedit background.

    4.   Setelah itu mewarnai latar dengan warna yang diinginkan menggunakan fill tool dengan cara mengarahkan ke daerah edit. Pada latar belakang ini, juga dapat langsung mengedit atau memberi labirin-labirinnya secara keseluruhan.

  •   Jika ingin memasukkan latar belakang dari gambar, klik “Import” lalu cari dan pilih gambar yang ingin dijadikan latar belakang.Lalu klik “ok” dan tampilan  ada lembar kerja scratch akan berubah
    .

Edit Background
Tab background untuk mengedit atau mengimpor gambar latar pada lembar kerja scratch
  • untuk membuat sprite yang diinginkan, klik gambar lembar berkuas “create” . Maka akan muncul jendela tempat mengedit sprite yang diinginkan. Bila telah selesai, klik Ok di bagian bawah kanan jendela.
Jendela/window membuat sprite sendiri
Jendela/window membuat sprite sendiri


  •   Untuk mengunggah sprite/ penanda pemain labirin dapat mengklik tool “open” di samping tool “create“. Lalu cari dan pilih file yang akan dijadikan sprite atau penanda pemain labirin.

    Menambahkan sprite
    Menambahkan sprite
  • Klik pada bagian sprite yang akan dijadikan pemain, pada tab menu skrip, bagian ini akan diisi dengan algoritma yang akan dijadikan panduan untuk permainan secara keseluruhan.
  • Setelah di klik pada sprite yang akan dijadikan penanda pemain, beralih ke tab script untuk mengedit algoritmanya.

Pada algortima sprite penanda pemain

  1. Umumnya pembuatan skrip bermula dengan menggunakan perintah-perintah pada menu control. Perintah-perintah yang ada pada menu ini digunakan untuk mengontrol jalannya permainan pada scratch. Beberapa contoh pada menu ini seperti “when green flag is clicked” untuk mengontrol sprite ketika green flag diklik.
  2. Pada sprite yang menjadi penanda pemain, ambil perintah “point in direction (90)”  lalu tambahkan perintah “go to x (…) and y (…)” pada menu motion. Ini gunanya untuk mengontrol posisi sprite ketika pertama kali diklik green flag.
  3. Setelah itu boleh juga ditambahkan kata-kata pada sprite. Ambil perintah “say(…) and wait (…)sec” dari menu looks. Masukkan kata yang ingin ditampilkan dan waktu yang digunakan untuk menampilkannya.
  4. Untuk memasukkan point nyawa(life point) ,klik pada menu variables dan klik “Make a variable” lalu tulis nama pada jendela yang muncul dan klik Ok.
  5. Setelah itu, tarik perintah”set (life point) to 5″ pada skrip.
  6. untuk memasukkan poin permainan(skor) ketika sprite menyentuh makanan, klik pada menu variables dan klik “Make a variable” lalu tulis nama pada jendela yang muncul dan klik Ok.
  7. Setelah itu, tarik perintah”set (skor) to 0″ pada skrip. Lalu tambahkan perintah dari menu control “forever if(…)”.
  8. pada kotak yang hilang, tambahkan kotak kosong yang bentuknya bersesuaian dan bertandakan “=”. Lalu tarik varible “life point” di sebelah kiri dan set “0” pada sebelah kanan.
  9. Pada bagian dalam masukkan perintah”say(…) for(…)secs” dan “stop script O” dari menu control untuk menghentikan permainan ketika nyawa/life pointnya telah habis.
  10. Atur pengarahan pemain dari perintah “when(…) key pressed” lalu tambahkan perintah dari menu motion”point in direction (…)”
  11. Lalu tambahkan perintah”if(…)else(…)”dari menu control. tambahkan perintah”touching color(…)” dari menu sensing. pada bagian dalam, tambahkan perintah “change(…)by (…)”. Isi change by dengan life point dan skor masing-masing -1. Ini gunanya ketika sprite pemain menyentuh dinding akan mengurangi life point dan skor pemain. dan tambahkan perintah”go to x(…) and y (…)”, isi kolom x dan y pada posisi awal pemain pada saat green flag diklik.
  12. Lakukan hal yang sama pada semua arah tombol keyboard.
  13. Tarik lagi perintah “when green flag is clicked” lalu tambahkan perintah “forever if(…)” dari menu control.
  14. tambahkan pada kolom kosong dengan perintah “touching color (…)”. Lalu tambahkan perintah dibawahnya dengan perintah dari menu looks “say(…) for(…)secs” untuk menampilkan perkataan pada sprite. Lalu tambahkan pula perintah “show varible(…)” masing-masing untuk variabel life point dan skor.
  15. Lalu tambahkan perintah “stop script O” untuk menghentikan jalannya permainan.

Pada sprite sebagai makanan sprite penanda pemain

  1. Klik pada sprite yang akan dijadikan makanan sprite penanda pemain pada permainan.
  2. Klik pada tab all script.
  3. tarik perintah”when green flag is clicked” ke tab skrip. Lalu, tambahkan perintah “show” dari menu Looks.
  4. Lalu, tambahkan di bawahnya perintah “forever” dari menu Control. Tambahkan lagi perintah”if(…)” dari menu Control.
  5. Isi kolom yang kosong dengan perintah “touching color(…)” dari menu sensing.
  6. Lalu, tambahkan perintah”change(score) by 5″ pada menu variables untuk menambahkan poin sebanyak 5 ketika sprite penanda pemain menyentuh sprite makanan ini.
  7. Untuk memperbanyak sprite ini, cukup klik kanan sprite yang ingin digandakan. Lalu klik duplicate dan sprite akan memperbanyak dirinya.

Pada sprite sebagai makanan bonus bagi sprite pemain

  1. Klik pada sprite yang akan dijadikan makanan bonus sprite penanda pemain pada permainan.
  2. Klik pada tab all script.
  3. tarik perintah”when green flag is clicked” ke tab skrip. Lalu, tambahkan perintah “hide” dari menu Looks.
  4. Lalu tambahkan perintah “wait(…)secs” dari menu Control. Serta tambahkan perintah “repeat(…)” dari menu Control.
  5. tambahkan perintah”show” dan “hide” secara bergiliran dengan waktu tunggu sekitar satu detik agar sprite dapat berkedip-kedip.
  6. Tambahkan perintah “if(…)” , isi kolom kosongnya dengan perintah”touching (sprite 2)” dari menu sensing.
  7. Tambahkan perintah “change (skor) by (20)” untuk menambah nilai pemain.
  8. tambahkan perintah”wait(…)secs” untuk menunggu dan tambahkan lagi perintah “hide” untuk menghilangkan sprite makanan bonus.

Pada sprite yang menjadi musuh sprite penanda pemain

  1. Klik pada sprite yang akan dijadikan sebagai musuh sprite penanda pemain pada permainan.
  2. Klik pada tab all script.
  3. tarik perintah”when green flag is clicked” ke tab skrip. Lalu, tambahkan perintah “forever” dari menu Control.
  4. tambahkan perintah”glide (…)secs to x (…) and y(…)”, lalu perintah “if on edge, bounce” agar sprite memantul ketika menyentuh ujung, dan tambahkan lagi perintah “glide (…)secs to x (…) and y(…)”. Sesuaikan kolom yang kosong pada secs untuk menentukan kecepatan perpindahan sprite musuh ini dan sesuaikan kolom yang kosong pada x dan y untuk menerbangkan sprite dari posisi awal dan posisi akhir.
  5. tambahkan perintah”if(…)” dari menu Control.  Isi kolom yang kosong dengan perintah”touching(sprite2)”
  6. Tambahkan perintah”say(…) for(…)” untuk menampilkan perkataan ketika sprite musuh ini menyentuh sprite penanda pemain.
  7. Tambahkan pula perintah”change(…) by(-1)” masing-masing untuk life point  dan skor.
  8. Untuk menambahkan sprite musuh, klik kanan pada sprite yang ingin digandakan, klik duplicate dan sprite akan memperbanyak dirinya.

Tampilan saat permainan dimulai, ketika green flag diklik

Tampilan lembar kerja ketika green flag diklik sesuai dengan perintah seperti di atas.
Tampilan lembar kerja ketika green flag diklik sesuai dengan perintah seperti di atas.

Tampilan saat permainan berakhir, ketika sprite pemain telah mencapai garis finish

Tampilan saat permainan berakhir dengar sampainya sprite pemain pada finish
Tampilan saat permainan berakhir dengar sampainya sprite pemain pada finish

Untuk mendapatkan contoh file berikut, Anda dapat mengunduhnya di https://docs.google.com/file/d/0B_VDrSzjoATHZGl2c1hwVUo4YXM/edit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s